RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah | : | SMA Negeri 3 Malang |
Mata Pelajaran | : | Geografi |
Kelas/Semester | : | X (sepuluh)/2 (dua) |
Standar Kompetensi | : | 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer |
Kompetensi Dasar | : | 3.1 Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi. |
Indikator | : | - Mendeskripsikan tentang bentuk muka bumi akibat proses vulkanisme. - Mengidentifikasikan tipe-tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung api. |
Alokasi Waktu | : | 2 x 45 menit |
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan penyebab terjadinya dan karakteristik dari tektonik landform.
- Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tipe-tipe vulkanisme yang terbentuk.
- Menjelaskan hubungan antara tipe vulkanisme dengan bahan yang dikeluarkan gunung api.
- Menjelaskan hubungan antara distribusi dari pegunungan lipatan, block mountain, rift valley dengan vulkanisme.
B. Materi Pembelajaran
1. Faktor- faktor yang menyebabkan terbentuknya tektonik landform:
a. Lipatan
b. Patahan
2. Tipe-tipe vulkanisme:
a. Berdasarkan frekuensi letusannya, yaitu: gunung api aktif (active vulcano), istirahat (dormant vulcano), dan mati (extinct vulcano).
b. Berdasarkan kekentalan magmanya, yaitu: magma basa dan magma asam
c. Berdasarkan erupsinya: yaitu eksplosif dan effusif
3. Hubungan antara tipe vulkanisme dengan bahan yang dikeluarkan oleh gunung api. Pada dasarnya tipe vulkanisme dipengaruhi oleh kekentalan magma, kedalaman dapur magma, dan tekanan gas. Tipe vulkanisme akan berpengaruh pada material yang paling dominan dikeluarkan gunung api pada waktu meletus yaitu material padat, cair, atau gas.
4. Distribusi pegunungan lipatan, patahan, block mountain dan rift valley di muka bumi dan hubungannya dengan vulkanisme.
C. Metode dan Model Pembelajaran
Metode pembelajaran : ceramah, tanya jawab, diskusi
Model pembelajaran : Cooperative learning.
D. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber:
a. Anjayani, Eni dan Tri, Hariyanto. 2009. BSE Geografi Untuk Kelas X SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
b. Tanudidjaya, Moh.Ma’mur. 1995. Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Fredeta, Natalie, et all. 2006. Visual, Ilmu dan Pengetahuan Populer. Montreal (Quebec): QA International.
2. Media pembelajaran:
a. Papan tulis dan Spidol
b. Power Point dan LCD
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Langkah-Langkah | Alokasi Waktu | |
Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | ||
1. | Pendahuluana. Guru mengucapkan salam dan melakukan presensi b. Memberi apersepsi kepada siswa dengan menunjukkan peta persebaran gunung api di dunia. c. Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang bentuk muka bumi akibat proses vulkanisme dan tipe-tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung api | - Siswa menjawab salam dan presensi - Siswa memperhatikan peta. - Siswa memperhatikan | 5 ‘ 3’ 2’ |
2 | Kegiatan Intia. Menayangkan Power Point secara singkat serta menjelaskan materi tentang vulkanisme b. Guru membentuk kelompok membagi siswa menjadi 4 kelompok c. Guru menayangkan contoh gambar dan menjelaskan peta konsep yang ada dalam gambar tersebut d. Memberikan petunjuk kepada siswa mengenai cara membuat peta pikiran e. Guru meminta masing-masing kelompok untuk berdiskusi dan membuat mind mapping f. Guru memantau kegiatan siswa dan memberikan penjelasan pada kelompok siswa yang belum mengerti g. Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok di depan kelas secara bergantian h. Guru bertindak sebagai moderator dan penengah dalam diskusi i. Memberikan penegasan pada hasil presentasi siswa j. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya/memberikan tambahan/sanggahan | - Siswa mendengarkan mencatat materi bahan ajar yang disampaikan oleh guru - Siswa membentuk kelompok - Siswa memperhatikan - Siswa mendengarkan dan memperhatikan - Siswa melaksanakan diskusi dan membuat mind mapping - Siswa melaksanakan diskusi dan dan membuat mind mapping - Siswa melakukan persentasi - Siswa melakukan persentasi - Siswa mendengarkan - Siswa bertanya/menyanggah/memberikan tambahan | 7’ 2’ 3’ 3’ 20’ 25’ 5’ 5’ |
2. | Penutupa. Guru memberikan tugas yang dikerjakan di rumah. b. Guru menutup pelajaran dengan membuat kesimpulan. | - Siswa mendengarkan - Siswa mendengarkan dan memperhatikan | 5’ 5’ |
F. Penilaian
1. Penilaian dilakukan selama pembelajaran yang berupa penilaian proses.
2. Penilaian proyek (project assesment) tentang vulkanisme (terlampir).
Malang, 19 Mei 2011
Mengetahui,
Kepala SMAN 3 Malang Guru Pengajar
Drs. H.Moh. Sulthon, M.Pd Dra. Wahyu Widiastuti
NIP. 19580101 198303 1 035 NIP. 19671018 199003 2 008
LAMPIRAN 1:
Rubrik Penilaian Proses selama Pembelajaran secara individu
Indikator | Deskriptor | Skor |
Mengerjakan tugas berkelompok | a) Mengerjakan tugas kelompok dengan aktif dan sesuai dengan materi yang didiskusikan. b) Mengerjakan tugas kelompok kurang aktif masih sesuai dengan materi yang didiskusikan. c) Mengerjakan tugas kelompok tidak aktif dan tidak sesuai dengan materi yang didiskusikan. | 3 2 1 |
Presentasi | a) Melakukan presentasi di depan kelas dengan baik dan menguasai materi dengan baik b) Melakukan presentasi di depan kelas cukup baik dan menguasai materi dengan baik c) Melakukan presentasi di depan kelas kurang baik dan kurang menguasai materi dengan baik | 3 2 1 |
Berargumen | a) Berargumen dengan tepat dan sesuai dengan materi. b) Berargumen dengan kurang tepat tetapi sesuai dengan meteri. c) Berargumen tidak tepat dan tidak sesuai dengan materi. | 3 2 1 |
Bertanya | a) Bertanya saat diskusi sesuai dengan materi b) Bertanya saat diskusi tetapi kurang sesuai dengan materi c) Tidak Bertanya saat diskusi | 3 2 1 |
Skor Minimal = 4
Skor Maksimal = 12
Nilai tengah = (12 - 4) : 2 = 4+4 = 8
Nilai = Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
No | Nilai | Kriteria |
1 | 75 - 100 | Sangat baik |
2 | 50 – 74 | Baik |
3 | 25 – 49 | Kurang |
4 | 0 – 24 | Sangat kurang |
LAMPIRAN 2
Project Assesment
Sekolah | : | SMA Negeri 3 Malang |
Mata Pelajaran | : | Geografi |
Kelas/Semester | : | X (sepuluh)/2 (dua) |
Standar Kompetensi | : | 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer |
Kompetensi Dasar | : | 3.1 Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi. |
Indikator | : | - Mendeskripsikan tentang bentuk muka bumi akibat proses vulkanisme. - Mengidentifikasikan tipe-tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung api. |
Alokasi Waktu | : | 2 minggu |
A. Petunjuk
1. Lakukan investigasi tentang vulkanisme dari bahan bacaan buku, internet, atau studi lapangan (jika memungkinkan).
2. Urutan kegiatan yang harus dilakukan adalah:
a. Memilih satu gunung api aktif di dunia.
b. Lakukan investigasi dan analisislah tentang:
- Sejarah pembentukan gunung tersebut.
- Kapan mulai terjadinya erupsi.
- Bagaimana tipe erupsinya.
- Analisislah mengapa gunung api tersebut beraktivitas seperti yang dijelaskan pada point di atas.
- Buatlah mind map dari peristiwa vulkanisme gunung tersebut.
c. Presentasi hasil investigasi, meliputi:
- Membuat laporan tertulis hasil investigasi.
- Mempresentasikan di depan kelas.
B. Pedoman penskoran:
No | Kegiatan | Rentang Skor | Bobot | Nilai akhir |
1 | Persiapan - Memilih gunung api yang akan diteliti | 1 - 5 | 5 | |
2 | Pelaksanaan: - Menjelaskan sejarah pembentukan gunung tersebut. - Menjelaskan kapan mulai terjadinya erupsi. - Mendeskripsikan tipe erupsinya. - Menganalisis mengapa gunung api tersebut beraktivitas seperti yang dijelaskan pada point di atas. - Membuat mind map dari peristiwa vulkanisme gunung tersebut | 1 - 5 1 - 5 1 - 5 1 - 5 1 – 5 | 45 | |
3 | Laporan: - Membuat laporan tertulis hasil investigasi. - Mempresentasikan di depan kelas. | 1 - 5 1 - 5 | 50 | |
| NILAI AKHIR | Jumlah | = | ......................... |
Keterangan:
SKOR | INDIKATOR |
5 | Dikerjakan sangat baik |
4 | Dikerjakan dengan baik |
3 | Dikerjakan cukup baik |
2 | Dikerjakan kurang baik |
1 | Tidak dikerjakan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar