Pengikut

Minggu, 15 April 2012

RPP UNJUK KERJA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah :

MAN Malang 1

Mata Pelajaran :

Geografi

Kelas/ Semester :

XI/Ganjil

Standar Kompetensi :

Menganalisa dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia

Kompetensi Dasar :

Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna di muka bumi sebagai potensi pendukung kehidupan

Indikator :

- Mendiskripsikan faktor-faktor persebaran flora dan fauna di Indonesia

- Mendiskripsikan persebaran fauna di Indonesia melalui sebuah peta

- Mendiskripsikan persebaran flora di Indonesia melalui sebuah peta

- Menjelaskan hubungan keadaan flora dan fauna dengan aktivitas manusia pada suatu wilayah

ALokasi Waktu :

4 x 45 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan belajar mengajar selesai siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan faktor-faktor persebaran flora dan fauna di Indonesia
  2. Menjelaskan persebaran fauna di Indonesia melaui sebuah peta
  3. Menjelaskan persebaran flora di Indonesia melalui sebuah peta
  4. Menjelaskan hubungan keadaan flora dan fauna dengan aktivitas manusia pada suatu wilayah

B. Materi Pembelajaran

  1. Faktor-faktor persebaran flora dan fauna di Indonesia
  2. Persebaran fauna dan flora di Indonesia
  3. Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Berkelanjutan

C. Metode Pembelajaran

Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dengan metode diskusi dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama

  1. Pendahuluan (15’)

· mengabsensi siswa dan kesiapan kelas

· menyampaikan tujuan pembelajaran

· menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan yakni model Jigsaw

  1. Inti (60’)

· guru membagi siswa dalam beberap kelompok, tipa kelompok beranggotakan 4 orang siswa

· masing-masing siswa mendapatkan nomor

· guru membagi topik masalah kepada tiap-tiap kelompok sesuai dengan kompetensi dasar yang didiskusikan, yakni:

1) Pemanfaatan keanekaragaman hayati untuk kehidupan manusia

2) Konservasi Hutan dan lahan kritis

3) Perburuan satwa-satwa Indonesia

· setelah diskusi dalam kelompok asal, nomor yang sama berkumpul untuk mendiskusikan topik masalah dari kelompok asal.

· setelah selesai berdiskusi tiap anggota kembali ke kelompok asal

· setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi awal

· peserta lain bisa memberikan tanggapan

  1. Penutup (15’)

· guru memberikan tugas untuk memperbaiki hasil diskusi

· hasil diskusi selanjutnya dibuat tampilan power point dan kelompok membuat kliping tentang topik yang dimaksud.

· pertemuan berikutnya guru menyuruh tiap kelompok menampilkan hasil diskusi mereka

· guru menutup pembelajaran

Pertemuan Kedua

  1. Pendahuluan (15’)

· mengabsensi siswa dan kesiapan kelas.

· menyampaikan tujuan pembelajaran.

  1. Inti (60’)

· guru menyuruh siswa untuk berkelompok serta mengambil nomor diskusi sesuai pertemuan sebelumnya.

· guru melakukan pengundian untuk memilih presentasi penampilan siswa.

· tiap kelompok diberi kesempatan untuk menampilkan hasil diskusinya dan pembuatan kliping selama 15 menit.

· tiap kelompok diwajibkan menampilkan hasil diskusinya dan pembuatan kliping sesuai topik yang dibagikan.

· guru melakukan penilaian penampilan kelompok

· peserta lain dapat memberikan tanggapan

· guru mengumpulkan hasil pembuatan kliping kelompok diskusi

  1. Penutup (15’)

· menyimpulkan hasil belajar bersama siswa

· memberikan apresiasi kepada siswa maupun kelompok yang sudah baik penampilannya

· melaksanakan post – test

E. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Wardiyatmoko. 2006. Geografi untuk SMA Kelas XI. Jakarta. Erlangga
  2. Marah Uli & Asep Mulyadi.2007. Geografi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Esis
  3. Atlas dan Peta Indonesia
  4. LCD dan Komputer
  5. Internet, Koran KOMPAS, JawaPos, dan sumber lain yang relevan

F. Penilaian

  1. Teknik Penilaian

1) tes tulis

2) pengamatan kinerja kelompok

3) penilaian produk

  1. Bentuk Penialaian

1) tes uraian

2) lembar pengamatan kinerja kelompok

3) hasil produk

  1. Instrumen Penilaian

(terlampir)

Mengetahui,

Kepala MAN Malang 1 Guru Praktikan

Drs. Zainal Mahmudi, MM Yulian Widya Saputa, S Pd

150 202 185

Lampiran

1. Tes Uraian

Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!

  1. Jelaskan faktor-faktor persebaran flora dan fauna di Indonesia?
  2. Jelaskan upaya-upaya pelestarian hutan hujan tropis di Indonesia?
  3. Jelaskan kaitan antara kondisi alam wilayah Nusa Tenggara dengan perekonomian penduduk?

2. Rubrik Pengamatan Penampilan Kelompok

No

Standar Unjuk Kerja

Penilaian

1

2

3

4

1

Menunjukkan pemahaman konsep tentang biosfer

2

Penjelasan materi sesuai dengan dasar teori yang ada

3

Suara tegas dan penampilan meyakinkan

4

Ekspresi wajah komunikatif

5

Pemberian contoh tepat, kontekstual, dan nyata.

6

Menunjukkan tanyangan gambar, film, foto atau tuliasan yang menarik, berwarna, dan komunikatif

7

Memberikan kesimpulan sesuai materi presentasi

Skor minimum = 1 x banyaknya standar unjuk kerja

Skor maksimum = 4 x banyaknya standar unjuk kerja

Pada kartu penilaian terdapat 7 standar unjuk kerja yang akan dinilai, maka nilai minimum yang akan dicapai siswa adalah 7 dan nilai maksimum yang dapat dicapai siswa adalah 28. Rentangan nilai:

7 – 13 : Gagal

14- 21 : Kurang berhasil

22-28 : Berhasil

3. Rubrik Penilaian Produk Kliping

No

Kriteria

Penilaian

1

2

3

4

1

Kliping sesuai tema diskusi kelompok

2

Mencantumkan sumber data kliping

3

Penyajian kliping menarik dan rapi

4

Memberikan tanggapan kelompok terhadap isi dari kliping

Skor minimum = 1 x banyaknya standar unjuk kerja

Skor maksimum = 4 x banyaknya standar unjuk kerja

Pada kartu penilaian terdapat 4 standar unjuk kerja yang akan dinilai, maka nilai minimum yang akan dicapai siswa adalah 4 dan nilai maksimum yang dapat dicapai siswa adalah 16. Rentangan nilai:

4 – 7 : Gagal

8- 11 : Kurang berhasil

12-16 : Berhasil

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
ehm.. gimana y?? klo g knal g syang.. gtu... gamapangkan...