RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : | MAN Malang 1 |
Mata Pelajaran : | Geografi |
Kelas/ Semester : | XI/Ganjil |
Standar Kompetensi : | Menganalisa dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia |
Kompetensi Dasar : | Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna di muka bumi sebagai potensi pendukung kehidupan |
Indikator : | - Mendiskripsikan faktor-faktor persebaran flora dan fauna di Indonesia - Mendiskripsikan persebaran fauna di Indonesia melalui sebuah peta - Mendiskripsikan persebaran flora di Indonesia melalui sebuah peta - Menjelaskan hubungan keadaan flora dan fauna dengan aktivitas manusia pada suatu wilayah |
ALokasi Waktu : | 4 x 45 menit (2 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai siswa diharapkan dapat:
- Menjelaskan faktor-faktor persebaran flora dan fauna di Indonesia
- Menjelaskan persebaran fauna di Indonesia melaui sebuah peta
- Menjelaskan persebaran flora di Indonesia melalui sebuah peta
- Menjelaskan hubungan keadaan flora dan fauna dengan aktivitas manusia pada suatu wilayah
B. Materi Pembelajaran
- Faktor-faktor persebaran flora dan fauna di Indonesia
- Persebaran fauna dan flora di Indonesia
- Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Berkelanjutan
C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dengan metode diskusi dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
- Pendahuluan (15’)
· mengabsensi siswa dan kesiapan kelas
· menyampaikan tujuan pembelajaran
· menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan yakni model Jigsaw
- Inti (60’)
· guru membagi siswa dalam beberap kelompok, tipa kelompok beranggotakan 4 orang siswa
· masing-masing siswa mendapatkan nomor
· guru membagi topik masalah kepada tiap-tiap kelompok sesuai dengan kompetensi dasar yang didiskusikan, yakni:
1) Pemanfaatan keanekaragaman hayati untuk kehidupan manusia
2) Konservasi Hutan dan lahan kritis
3) Perburuan satwa-satwa Indonesia
· setelah diskusi dalam kelompok asal, nomor yang sama berkumpul untuk mendiskusikan topik masalah dari kelompok asal.
· setelah selesai berdiskusi tiap anggota kembali ke kelompok asal
· setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi awal
· peserta lain bisa memberikan tanggapan
- Penutup (15’)
· guru memberikan tugas untuk memperbaiki hasil diskusi
· hasil diskusi selanjutnya dibuat tampilan power point dan kelompok membuat kliping tentang topik yang dimaksud.
· pertemuan berikutnya guru menyuruh tiap kelompok menampilkan hasil diskusi mereka
· guru menutup pembelajaran
Pertemuan Kedua
- Pendahuluan (15’)
· mengabsensi siswa dan kesiapan kelas.
· menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Inti (60’)
· guru menyuruh siswa untuk berkelompok serta mengambil nomor diskusi sesuai pertemuan sebelumnya.
· guru melakukan pengundian untuk memilih presentasi penampilan siswa.
· tiap kelompok diberi kesempatan untuk menampilkan hasil diskusinya dan pembuatan kliping selama 15 menit.
· tiap kelompok diwajibkan menampilkan hasil diskusinya dan pembuatan kliping sesuai topik yang dibagikan.
· guru melakukan penilaian penampilan kelompok
· peserta lain dapat memberikan tanggapan
· guru mengumpulkan hasil pembuatan kliping kelompok diskusi
- Penutup (15’)
· menyimpulkan hasil belajar bersama siswa
· memberikan apresiasi kepada siswa maupun kelompok yang sudah baik penampilannya
· melaksanakan post – test
E. Sumber dan Media Pembelajaran
- Wardiyatmoko. 2006. Geografi untuk SMA Kelas XI. Jakarta. Erlangga
- Marah Uli & Asep Mulyadi.2007. Geografi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Esis
- Atlas dan Peta Indonesia
- LCD dan Komputer
- Internet, Koran KOMPAS, JawaPos, dan sumber lain yang relevan
F. Penilaian
- Teknik Penilaian
1) tes tulis
2) pengamatan kinerja kelompok
3) penilaian produk
- Bentuk Penialaian
1) tes uraian
2) lembar pengamatan kinerja kelompok
3) hasil produk
- Instrumen Penilaian
(terlampir)
Mengetahui,
Kepala MAN Malang 1 Guru Praktikan
Drs. Zainal Mahmudi, MM Yulian Widya Saputa, S Pd
150 202 185
Lampiran
1. Tes Uraian
Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!
- Jelaskan faktor-faktor persebaran flora dan fauna di Indonesia?
- Jelaskan upaya-upaya pelestarian hutan hujan tropis di Indonesia?
- Jelaskan kaitan antara kondisi alam wilayah Nusa Tenggara dengan perekonomian penduduk?
2. Rubrik Pengamatan Penampilan Kelompok
No | Standar Unjuk Kerja | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Menunjukkan pemahaman konsep tentang biosfer | | | | |
2 | Penjelasan materi sesuai dengan dasar teori yang ada | | | | |
3 | Suara tegas dan penampilan meyakinkan | | | | |
4 | Ekspresi wajah komunikatif | | | | |
5 | Pemberian contoh tepat, kontekstual, dan nyata. | | | | |
6 | Menunjukkan tanyangan gambar, film, foto atau tuliasan yang menarik, berwarna, dan komunikatif | | | | |
7 | Memberikan kesimpulan sesuai materi presentasi | | | | |
Skor minimum = 1 x banyaknya standar unjuk kerja
Skor maksimum = 4 x banyaknya standar unjuk kerja
Pada kartu penilaian terdapat 7 standar unjuk kerja yang akan dinilai, maka nilai minimum yang akan dicapai siswa adalah 7 dan nilai maksimum yang dapat dicapai siswa adalah 28. Rentangan nilai:
7 – 13 : Gagal
14- 21 : Kurang berhasil
22-28 : Berhasil
3. Rubrik Penilaian Produk Kliping
No | Kriteria | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Kliping sesuai tema diskusi kelompok | | | | |
2 | Mencantumkan sumber data kliping | | | | |
3 | Penyajian kliping menarik dan rapi | | | | |
4 | Memberikan tanggapan kelompok terhadap isi dari kliping | | | | |
Skor minimum = 1 x banyaknya standar unjuk kerja
Skor maksimum = 4 x banyaknya standar unjuk kerja
Pada kartu penilaian terdapat 4 standar unjuk kerja yang akan dinilai, maka nilai minimum yang akan dicapai siswa adalah 4 dan nilai maksimum yang dapat dicapai siswa adalah 16. Rentangan nilai:
4 – 7 : Gagal
8- 11 : Kurang berhasil
12-16 : Berhasil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar